Rabu, 13 Oktober 2010

QUANTUM LEARNING


MAKALAH
QUANTUM LEARNING


Oleh:
HENTI SUSANTI ( 0920717061 )
JOKO SUSILO ( 0920717066 )
2B / III


SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP PGRI PACITAN
Jalan Cut Nya’ Dien 4a Ploso Pacitan
2010
PENDAHULUAN
Quantum Learning merupakan sebuah kiat petunjuk dan strategi untuk mempertajam pemahaman daya ingat siswa, metode ini dapat membuat suatu proses belajar yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum Learning merangkaikan yang baik dari yang terbaik menjadi paket multi sensori, multi kecerdasan. Yang pada akhirnya akan melejitkan kemampuan guru untuk mengilhami dan kemampuan murid untuk berprestasi. Sebagai pendekatan belajar yang segar, mengalir, praktis, dan mudah diterapkan, Quantum Learning juga menawarkan terhadap guru untuk memaksimalkan cara – cara baru sebagai dampak usaha pengajaran melalui perkembangan hubungan pengubahan belajar dan penyampaian kurikulum.
Tokoh utama di balik Quantum Learning adalah Bobbi DePorter. Ia perintis, pencetus sekaligus pengembang utama Quantum Learning. Sejak tahun 1982 DePorter mematangkan dan mengembangkan gagasan Quantum Learning. Setelah dikembangkan beberapa tahun akhirnya Deporter menjelaskan bahwa metode ini dikembangkan berdasarkan pengalaman dan penelitian terhadap siswa dan guru.
Faktor terpenting adalah faktor umpan balik dan rangsangan antara siswa dengan guru, guru dengan siswa, juga lingkungan yang dapat menciptakan suasana belajar yang sempurna. Keyakinan untuk terus berusaha merupakan alat pendamping dan pendorong bagi keberhasilan dalam proses belajar


URAIAN
A.    PENGERTIAN
Quantum :
      Merupakan interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya.
Quantum Learning :
      Berarti orkestrasi atau penggabungan bemacam – macam interaksi yang ada di dalam dan di sekitar moment belajar. Interaksi – interaksi ini mencakup unsur – unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Interaksi – interaksi ini mengubah kemampuan dan bakat alamiah siswa menjadi cahaya yang akan bermanfaat bagi mereka sendiri dan bagi orang lain.
B.     PRINSIP - PRINSIP
Quantum Learning juga memiliki lima prinsip atau kebenaran tetap. serupa dengan Asas Utama. Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita,Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka. prinsip-prinsip ini mempengaruhi seluruh aspek Quantum Learning. Angaplah prinsip-prinsip ini mempengaruhi seluruh aspek Quantum Learning. Anggaplah prinsip – prinsip ini sebagai struktur chold dasar dari simfoni  belajar anda. prinsip – prinsip tersebut adalah:
a)      Segalanya Berbicara
Segalanya dari lingkungan kelas hingga bahasa tubuh anda, semuanya mengirim pesan tentang belajar .


b)      Segalanya bertujuan
Semuanya yang terjadi dalam pengubahan anda mempunyai tujuan…semuanya.
c)      Pengalaman Sebelum Pemberian Nama
Otak kita berkembang pesat dengan adanya rangsangan kompleks,yang akan menggerakkan rasa ingin tahu.
d)      Akui Setiap Usaha
Belajar mengandung resiko.belajar berarti melangkah keluar dari kenyamanan.
e)      Jika Layak Dipelajari, Maka Layak Pula Dirayakan!
Perayaan adalah sarapan pelajar juara.perayaan memberikan emosi positif dengan belajar.
C.    MODEL QUANTUM LEARNING
Quantum Learning dibagi menjadi dua seksi utama : konteks dan isi. Seperti juga pengalaman simfoni, anda, sebagai konduktor dari siswa – siswa anda yang sedang belajar, harus mengubah banyak bagian. Kami akan menyusun bagian – bagian tersebut kedalam bab – bab berikut :
Dalam seksi konteks, anda akan menemukan semua bagian yang anda butuhkan untuk mengubah :
a)      Suasana yang memberdayakan
b)      Landasan yang kukuh
c)      Lingkungan yang mendukung
d)      Rancangan belajar yang dinamis
Dalam seksi isi. Anda akan menemukan keterampilan penyampaian untuk kurikulum apapun, disamping strategi yang dibutuhkan siswa untuk bertanggung jawab atas apa yang mereka pelajari:
a)      Penyajian yang prima
b)      Fasilitas yang luwes
c)      Keterampilan belajar- untuk-belajar
d)      Keterampilan hidup

D.    KERANGKA RANCANGAN BELAJAR QUANTUM LEARNING
a.       Tumbuhkan
Tumbuhkan minat, motivasi, empati, simpati dan harga diri dengan memuaskan “Apakah Manfaat BagiKU” (AMBAK), dan manfaatkan kehidupan para pelajar.
b.      Alami
Hadirkan pengalaman umum yang dapat di mengerti dan dipahami semua pelajar. Agar siswa dapat mudah  memahami apa yang di ajarakn oleh guru.
c.       Namai
Sediakan kata kunci, konsep, model, rumus, strategi sebuah masukan. Misalnya jembatan keledai dan lainya.

d.      Demonstrasikan
Sediakan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan bahwa mereka tahu dan ingat setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam menyelesaikan pekerjaan.
e.       Ulangi
Tunjukkan siswa cara-cara mengulang materi dan menegaskan “Aku tahu dan memang tahu ini”. Sekaligus berikan kesimpulan.
f.       Rayakan
Pengakuan untuk penyelesaian, partisipasi, dan pemerolehan ketrampilan dan ilmu pengetahuan.

E.     TUJUAN
a.       Menciptakan suasna belajar yang efektif.
b.      Menciptakan proses belajar mengajar yang menyenangkan.
c.       Menyesuaikan kemampuan otak dengan apa yang dibutuhkan oleh otak.
d.      Membantu meningkatkan keberhasilan untuk mencapai hasil yang memuaskan.
e.       Upaya  mempercepat dalam proses pembelajaran

F.     KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
             I.      Keunggulan :
a.       Pembelajaran  Quantum lebih bersifat humanistis, yaitu memanusiakan manusia.
b.      Pembelajaran Quanntum lebih memusatkan kepada perhatian dan interaksi yang bermutu dan bermakna.
c.       Manuntut kecepatan dalam belajar dan menuntut hasil yang bermutu tinggi.
d.      Pembelajaran Quantum menekankan kebermaknaan dan kebermutuan proses pembelajaran.
e.       Keyakinan dan usaha yang sungguh – sungguh sebagai bagian penting dalam pembelajaran.
ΓΌ      Tujuh Kunci Keunggulan Quantum Learning :
a.       Integritas
      Bersikaplah jujur, tulus dan menyeluruh. Menyelaraskan dengan nilai-nilai yang ada pada diri kita.
b.      Kegagalan awal kesuksesan
      ketahuilah bahwa kegagalan hanyalah memberikan informasi yang anda butuhkan untuk sukses. Artinya apabila mengalami kegagalan kita harus berusaha untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.
c.       Bicaralah dengan niatan baik
Artinya berbicara mengajarkan segala sesuatu dengan tulus dan ikhlas agar apa yang diajarkan dapat diterima oleh siswa dengan mudah.
d.      Komitmen
      Penuhilah janji dan kewajiban, laksanakan visi dan lakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan.
e.       Tanggungjawab
      Bertanggungjawablah atas apa yang dilakukan dan apa yang diajarkan.

f.       Sikap fleksibel
      Bersikap terbuka terhadap perubahan baru yang dapat membantu kita memperoleh hasil yang kita inginkan.
g.      Keseimbangan
      Jaga keselarasan pikiran, tubuh dan jiwa
          II.      Kelemahan :
a)      Membutuhkan pengalaman yang nyata.
b)      Memerlukan waktu yang lama untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.
c)      Sulit mengidentifikasi ketrampilan yang dimiliki siswa.















KESIMPULAN

Quantum Learning merupakan suatu kiat atau petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta mambuat belajar sebagi suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Quantum Learning merupakan pengorkestraan belajar agar siswa mudah memahamiapa yang diajarkan yang pada akhirnya siswa mendapatkan hasil yang baik dan sempurna.


















DAFTAR PUSTAKA

Deporter Boby, Reardon Mark, Singer Nourie Sarah. 2005. Quantum Teaching. Bandung : Kaifa.

http://makalahkumakalahmu.wordpress.com/2008/09/15/quantum-learning/